Jumat, 04 April 2008

ISMA

Selayang Pandang Majalah ISMA
Oleh: Drs. Lily Azies Saleh
(Pemimpin Umum/ Penanggung jawab ISMA)

Tidak terasa, majalah yang dikelola para pelajar anggota ekstrakurikuler “Karya Ilmiah dan Jurnalistik” di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cianjur ini, hingga April 2008 ini hampir memasuki usia delapan tahun, tepatnya nanti Agustus 2008. Bagi sebuah penerbitan pers kampus, rentang waktu delapan tahun bukan waktu yang relatif singkat.

MEMBINA anak-anak menerbitkan sebuah majalah bertiras 500 eksemplar dengan tebal 56 halaman ( delapan halaman full colour) dan sudah mendapat kepercayaan nasional/ internasional, memang bukanlah pekerjaan gampang. Apalagi tanpa penyandang dana tetap, membuat hati ini mendadak kecut manakala detik-detik menjelang dead line tiba dan majalah ISMA harus segera dicetak ke Bandung, doku alias duit masih jauh dari target.
Bayangkan saja sahabat ISMA, penerbitan media mana pun selalu memiliki donatur atau penyandang dana yang finansialnya tebal. Tetapi tidak bagi ISMA, mulai dari biaya operasional, lay out sampai biaya cetak, estuning hanya mengandalkan hasil dari penjualan majalah itu sendiri yang tentu saja setiap edisinya tidak terjual seratus prosen. Masih untung, kata beberapa staf redaksi, dengan hanya mengambil lebih dari biaya produksi Rp 400,- (baca: empat ratus rupiah) per edisi (maaf nih buka-bukaan dapur), ISMA masih tetap bisa bernafas, masih bisa mengunjungi para pembacanya setiap bulan, serta masih akan tetap eksis sampai kapan pun. Insya Allah!
Meski tanpa modal finansial tebal, alias modal pas-pasan, tetapi melihat semangat anak-anak (seluruh crew redaksi) yang “keef istiqomah” apalagi kini mempunyai ruangan baru untuk mengetik naskah yang luasnya 4 X 3 meter persegi, anak-anak kembali bersemangat untuk tetap menerbitkan ISMA sampai kapan pun. Ini yang menjadi modal utama, meski hanya dengan bonus satu eks majalah gratis, staf redaksi tak pernah mengeluh. ISMA harus laku, ISMA harus tetap terbit dan ISMA harus lebih maju dan lebih bermutu lagi. (Mudah-mudahan tulisan ini dapat menggugah para calon penyandang dana yang bersedia menanamkan sahamnya di ISMA. Iya kan?).
Sampai saat ini, sirkulasi ISMA masih tetap di sekitar 30 sekolah SD, SLTP, SMA/ SMK/ MA dan beberapa perguruan tinggi, juga dinas/ instansi seperti Dinas P&K, Departemen Agama, Pemda Cianjur dan di sejumlah kios koran serta toko buku di Cianjur. O ya, sekarang ditambah beberapa TK/ RA sudah mulai berlangganan ISMA. Nah, para reporternya pun sampai kini masih tetap mengutamakan para pelajar dan mahasiswa di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang setia setiap bulan berlangganan majalah ini. Mereka tidak hanya mencari berita tentang kegiatan kampusnya, tetapi juga menulis artikel dan mengedarkan ISMA di sekolah/ kampusnya. Terima kasih Sahabat-Sahabat!
Salah satu kebanggaan kami, majalah ISMA kini memiliki penulis tetap yang profesional dengan gelar Doktor. Mereka masing-masing Dr. H. Dadang Sufianto, MM, Wakil Bupati Cianjur, dan Dr. H. Sofyan Sauri, dosen pascasarjana UPI Bandung. Di samping itu, kalangan intelektual yang kerap menulis di majalah ini adalah Drs. Iyep Candra Hermawan, Dekan FKIP Unsur Cianjur dan H.A.M. Sugandha, S.Pd, S.IP, M.Pd, Kepala Dinas P&K Kecamatan Cianjur yang juga dosen FKIP Unsur Cianjur, serta beberapa dosen lainnya dari sejumlah perguruan tinggi di Cianjur dan Bandung.
Untuk lebih jelas lagi tentang ISMA, silakan Sahabat simak data-data fisik ISMA berikut ini:

DATA – DATA FISIK
MAJALAH PELAJAR / MAHASISWA & UMUM
I S M A
MAN CIANJUR – JAWA BARAT

Nama Majalah : I S M A
Penerbit : Kelompok Ekskul “Karya Ilmiah &
Jurnalistik” Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Cianjur–Jawa Barat.
Percetakan : Oliver Inside Cianjur/ Hiper Grafika Bandung.
Motto : Menjalin Ukhuwah Antarsiswa & Mahasiswa.
Akreditasi : ISSN 1693-7082, sejak Desember 2003
Pemberi Akreditasi : LIPI Jakarta selaku Perwakilan ISDS di Indonesia
Frekuensi terbit : 1 bulan 1 kali.
Bahasa yang dipakai : Bahasa Indonesia.
Isi Majalah : Pendidikan, agama, sastra–budaya, peristiwa
dan iptek.
Tebal Majalah : 56 halaman
T i r a s : Rutin: 500 eksemplar.
Insidental : tergantung pesanan (s.d. 1.500 eks)
Harga : Rp 6.500,-
Edisi Perdana : Agustus 2000.
Pangsa Pasar : Pelajar SLTP, SMU/ SMK / MA, mahasiswa dan
Umum.
Jangkauan Sirkulasi : Kabupaten Cianjur, Bogor, Jakarta, dan Bandung.
Bank : BRI Unit Sukasari Cianjur. No. Rek.
33210511.a.n. Drs. Lily Azies Saleh.
Alamat Redaksi : Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Cianjur – Jl.
Pangeran Hidayatullah Cianjur 43212 - Jawa
Barat. Telp. ( 0263 ) 261900 – 264758. HP.
08562052660.

3 komentar:

risna sagita mengatakan...

pKbr BpK ku tercInta pasTi KIJ sKr tMbH SuKsES Y????Ak SlH sEorANG ALumni Man cJr 2004 pLuS alUmnI KIj
.....EhM MsH iNGt samA Risna sagita 3ipa2 yG AkTv di KIJ,PaSKIBRA,oSiS,iRMA DLL
Pa Lili kanggggeeeeeeeeeeeeen bGt deh.Oia KL BOLEH TAU skr ada kegiatan apa aja di KiJ???TRMKSH

Aa Den mengatakan...

bagus sekali isma dah ada kemajuan yang pesat...siapa dulu pembimbingnya pak lily tea...sip pak saya bangga deh ...deden hms

Aa Den mengatakan...

pak sampaikan salamku pada teman-teman isma..eh saya mau ngrim artikel pie bisa gak..emailnya apa.
siapa ketuanya sekarang masih yang cantik-cantik ga